Cara Aman Memilih dan Membedakan kolang-kaling Sehat tanpa Bahan Kimia/formalin



 kolang-kaling adalah salah satu dari beberapa penyempurna makanan terkhusus makanan manis seperti kolak,sop buah dan lain-lain. namun seiring berjalanya waktu dan meningkatnya kebutuhan hidup tidak sedikit orang yang berbuat curang dengan menambahkan bahan-bahan kimia dalam pengolahan kolang-kaling yakni bertujuan agar kolang-kaling terlihat lebih menarik,segar dan tahan lama. padahal sebagaimana kita ketahui bahwa setiap bahan kimia adalah sangat tidak baik untuk tubuh dan dapat berefek buruk dalam jangka panjang nantinya. nah untuk itu mari simak dan perhatikan bagaimana memilih dan membedakan kolang-kaling yang sehat dengan kolang-kaling yang di beri bahan pengawet (boraks/bahan kimia)

Tidak berbeda dari bahan makanan yang lainya kolang-kaling juga memiliki jangka daluarsanya, dan juga tidak menutup kemungkinan bahwa kolang-kaling di beri bahan pengawet yang jelas tidak baik untuk kesehatan tubuh. nah sekarang mari simak bagaimana cara membedakan kolang-kaling yang sehat dan kolang-kaling yang berbahan kimia :

 1. Aroma
Bau khas pada kolang-kaling biasanya asam tapi tidak  terlalu menyengat, maka jika anda menemui kolang-kaling yang tidak berbau sewajarnya bisa jadi kolang-kaling tersebut telah di olah dengan campuran bahan pengawet yang berbahaya karna saat perebusan dengan campuran bahan berbahaya kolang-kaling akan kehilangan baunya.

2. Tahan Lama
Bahan kimia seperti formali atau pun yang lainya ketika di campurkan dengan makanan maka akan menghilangkan/mematikan bakteri dan kuman yang menyebabkan pembusukan terhadap makanan tersebut. maka di antara tanda makanan seperti kolang-kaling yang tahan lama adalah dengan campuran bahan kimia.

3. Tidak Dihinggapi Lalat
Seperti kita ketahui bahwa hewan memiliki indra penciuman terhadap makanan, maka ketika makanan tersebut kehilangan aroma dan rasa yang berbeda hewan seperti lalat pun tidak ingin hinggap. jadi berhati-hatilah dengngan makanan yang tidak di hinggapi lalat.

4. Warna
Setiap makanan yang dari alam memiliki warna khas tersendiri termasuk pada kolang-kaling, nah warna dari kolang-kaling itu sendiri biasanya berwarna putih transparan,  maka berhati-hatilah jika warna kolang-kaling tersebut berwarna lebih pekat dari yang biasanya.

5. Lebih Kenyal
Selain mengawetkan ternyata formalin dan bahan kimia lainnya juga dapat mengenyalkan makanan seperti kolang-kaling, cobalah cek ketika hendak memilih kolang-kaling dan jika anda menemukan yang kenyal beda dari biasnya maka bisa jadi kolang-kaling tersebut tidak sehat/mengandung formalin.

itulah beberapa cara membedakan dan memilih kolang-kaling yang sehat tanpa bahan kimia.
baca juga artikel tentang resep sehat sahur lainnya.