Cara Menangani/Mengatasi Insomnia Secara Alami Dan Sehat


Cara Menangani/Mengatasi Insomnia Secara Alami Dan Sehat
Insomnia adalah penyakit susah tidur yang umumnya di sebabkan oleh tidak teraturnya pola hidup seseorang terutama pada aktifitas di malam hari. jika tidak cepat di atasi penyakit ini akan berefek buruk bagi si penderita ketika lansia, karna tidak teraturnya sirkulasi peredarn darah maka insomnia menjadi masalah yang besar untuk jangka panjang. oleh karna itu sebaiknya agar di tangani dengan serius untuk menggapai masa depan yang cerah. mungkin sebagian besar bertanya-tanya bagaimana cara menangani insomnia supaya tidak berkelanjutan, maka sengaja saya siapkan tips,cara dan aturan untuk menghilangkan/mengatasi insomnia. yuk simak :

1. Niatkan untuk tidurMemang seperti sepele meniatkan diri untuk tidur, tapi tahukah anda ini adalah satu sugesti untuk tubuh yang membuat rasa kantuk itu hadir, dengan niatan tidur kita akan menggerakan tubuh untuk mempersiapkan segala halnya seperti tempat tidur,bantal,selimbut dan lain-lain sehingga dengan persiapan ini kita akan semakin terbawa rasa kantuk hingga akhirnya tertidur, maka pentinglah bagi kita meniatkan diri untuk tidur.

2. Pilih tempat tidur yang nyamanCara ini penting dan wajib di lakukan, karna dengan memilih tempat tidur yang nyaman tubuh kita akan merespon baik setiap harinya, berbeda ketika kita asal tidur dan memejamkan mata pasti ada imbas buruk ketika bangun. maka sangat di sarankan untuk tidur di tempat yang nyaman.

3.Sedikit tidur di siang hari 
Kita semua tahu bahwa waktu tidur yang baik adalah malam, maka untuk menghindari insomnia sebaiknya kita menghindari banyaknya tidur di siang hari.

4. Menjadwalkan waktu tidur 
Membuat jadwal waktu tidur terasuk membantu kita untuk menghilangkan insomnia, dengan jadwal tidur sehat seseorang adalah delapan jam perharinya, oleh karena itu biasakanlah diri untuk tidur tidak mengurangi dan melebihi dari jadwalnya.

5. Jangan memaksakan diri untuk tidur ketika tidak ngantuk
 
Kebanyakan orang menargetkan tidur tanpa memikirkan apakah ia ngantuk atu tidak, padahal ini penting untuk menjaga kesehatan dan menghilangkan insomnia, pasalnya ketika kita tidak ngantuk dan memaksakan diri untuk tidur maka ini akan membuat tubuh kita semakin tersiksa bahkan malah menjadikan diri kita semakin susah tidur karnanya.

6. Biasakan berolah raga teratur.Berolah raga yang teratur akan sangat membantu seseorang dalam masalah susah tidur apa lagi olah raga yang di lakukan sesuai dengan jadwal sehat badan dalam berolahraga seperti pagi dan sore, karna di waktu-waktu tersebut tubuh berada dalam keadaan stabil, kemudian hindari olah raga malam yang akan membuat otot-otot tegang dan jika di paksakan tidur akan menjadikan efek buruk pada tubuh.

7. Menyibukan diri dengan sesuatu yang mendatangkan rasa kantuk 
Sebelumnya sudah saya bahas juga tentang ini, dan kesibukan yang bagus untuk mendatangkan kantuk adalah seperti membaca buku, bermain, i-pad atau menulis, masih banyak lagi yang bias mendatangkan kantuk jadi lakukanlah.

8. mengurangi konsumsi makanan yang bersifat stimulan 
Untuk lebih nyamannya lebih baik menghindari atau mengurangi konsumsi makanan/minuman yang bersifat stimulan seperti kopi,rokok,teh atau alkohol.

9. Tenangkan diri (rilex) 
Membuang beban fikiran ketika tidur adalah mutlak efek positifnya, karna ketika seseorang tidur memerlukan ketenangan fikiran untuk kenyamanan tidur. jadi hilangkan beban fikiran dan bersantailah di kasur, ketika besok bangun dalam keadaan sehat bisa jadi kita mampu menghadapi setiap masalah dengan mudah.

10. Konsultasikan dengan ahlinya 
Sebenarnya dengan mengikuti pola hidup sehat kita dapat menangani insomnia secara cepat, namun ada juga masalah kesehatan yang dapat mengganggu aktifitas tidur kita, maka segeralah konsultasikan kepada ahlinya tentang masalah anda.

itulah 10 cara menangani/mengatasi insomnia secara alami dan sehat. semoga bermanfaat dan salam sukses selalu.
baca juga bagaimana cara memutihkan gigi secara alami dan cepat.