Cara Mengatasi/Menangani Anak Autis


8 Cara Mengatasi/Menangani Autisme Anak

Mengatasi anak autis_ Anak autis ini sebenarnya tidak seluruhnya memiliki sifat/keininan buruk terhadap lingkungannya, mereka hanya menderita kelaian mental yang membuatnya selalu ingin bergerak dalam aktifitas kecil bagi mereka, namun kebanyakan orang menganggap autisme ini adalah satu kebiasaan atau kecenderungan pada sifat buruk anak yang sebenarnya tidak semua dan bahkan di antara mereka ada keinginan untuk tidak melakukan hal tersebut. maka dari itu mari saya tunjukan bagaimana cara mengatasi/menangani autisme pada anak.

yuk langsung saja saya tunjukan bagaimana cara mengatasi autisme anak :

1. Cari Tau Menangani Autisme anak anda

Hal pertama yang perlu anda cari tahu dari diri autismenya anak anda sperti anda,  bagaimana cara pendekatannya, bagaimana cara membuatnya nyaman dengan setiap kata yang kita lontarkan lalu apakah anak anda termasuk dari autisme yang nakal daln lain-lain. ini sangatlah penting sebelum masuk ke tahap penanganan yang selanjutnya.

2. Mengubah Setiap Perilaku Buruknya Dalam Tahapan-Tahapan Kecil

Hetiap orang tua menginginkan anaknya menjadi seorang yang ramah baik pendiam dan sopan, berbeda dengan autis yang secara keinginan atupun bukan selalu terlihat buruk, maka cobalah merubah setiap perilakunya dengan tahapan-tahapan kecil seperti ketika hendak makan dan biasanya anak autis tida bisa diam maka sibukan ia dengan satu kebiasaan kecil yang berurutan seperti menyuruhnya diam selama satu dan bertahap, atau menyruhnya segera makan tanpa membiarkan ada barang apapun di dekatnya.

3. Ubah Lingkungan Tempatnya Berada

Keamanan adalah satu hal yang penting untuk seorang autisme, karna dalam gerak aktifitas anak autis sangatlah luas dan sulit di prediksi, maka demi kenyamanan dan keamanan anak tersebut lebih baik jika setiap tempat-tempat yang biasa di singgahi terutama tempat tinggal agar di periksa keamanan dari setiap aktifitas yang mungkin di jalani anak tersebut.

4. Hindari Kebisingan Yang Memancing Input Sensorik Berlebih

Kebanyakan anak autis memiliki input sensorik berlebihan karna keramaian,kebisingan dan kerusuhan yang akan memancing kuat anak autis tersebut beraksi dan hilang kendali, jadi jalan terbaiknya adalah dengan mencoba mengalihkan perhatianya kepada sesuatu yang lebih tenang atau dengan menutup telinganya untuk pencegahan.

5. Memberikan Sebuah Siasat ketika Anak Tersebut jatuh dsb
Terkadang karna tidak bisa diamnya anak autis mereka sampai terjatuh atau menabrak dan terbentur dengan sesuatu, maka segeralah kita memberikan input sensorik yakni dengan mengalihkan rasa sakit atau kaget mereka dengan perlakuan kita terhadapnya dengan berakting sperti misalnya memeluknya atau berpura-pura memukulbenda yang menyentuhnya sambil berkata-kata sesuatu.

6. Mencari Jalan Keluar Pada Setiap Kenakalannya

Banyak sekal;i keanehan dan kenakalan yang di lakukan anak autis yang benar-benar membingungkan dan membuat nilai negativ di mata seseorang, maka cobalah mengantisipasi setiap keanehan tersebut dengan apa yang normal, seperti ketika anak tersebut memanjat sebuah tangga yang terpampang di rumah orang maka segera anda alihkan dia ke tempat bermain yang ada tangganya seperti prosotan dan lain-lain.

7. Membangun Karakter Hebat Pantang Menyerah

Karakter anak autis lebih mudah terbentuk dan sulit di arahkan, jalan terbaik dari masalah ini adalah dengan berusaha dan sabar, jangan pernah mematahkan semangatnya dan selalu mensuport pada setiap apa yang ia usahakan.

8. Jangan Pernah Membedakan Cara Pandang Kita Terhadapnya
Biasakanlah diri anda denganya dan jangan sampai membedakan atau terlihat mengasingkanya, bertindaklah seperti biasanya seakan semua normal, ajak canda tawa dan buatlah lelucon-lelucon yang memancing kegembiraanya setidaknya untuk sedikit membawa suasana hati anda dan anak anda.

Itulah sedikit tips dan cara mengatasi anak autis yang saya terapkan, semoga bermanfaat dan jangan lupa share untuk teman yang membutuhkan info ini.
baca juga artikel kesehatan dan herbal alami yang bisa menyembuhkan banyak penyakit.